Minggu, 26 Mei 2013

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Perkembangan teknologi komunikasi dari zaman ke zaman semakin menjadi lebih baik. Tentu perkembangan tersebut tidak langsung berkembang dengan pesat, akan tetapi memerlukan jangka waktu yang panjang. Adapun tahapan-tahapan dari perkembangan teknologi komunikasi tersebut, yakni:
a.      Zaman Batu (Stone Age)
Perkembangan teknologi komunikasi akan selalu mengikti pola pikir manusia itu sendiri. Semakin cerdas manusia, maka akan memunculkan teknologi-teknologi baru yang mampu menunjang kehidupan manusia. Pada zaman ini, pola pikir mansia masih di bawah ambang dasar. Ini terbukti dengan hasil-hasil peradaban manusia, yakni berupa bebatuan yang di bentuk sebagai alat untuk menunjang dalam kehidupan mereka. Mereka menggunakan batu sebagai alat untuk membuat api, momotong daging, berburu dan kegiatan lainnya. Selain alat-alatnya berupa batu, tempat tinggal mereka pun tersusun atas bebatuan yakni ia tinggal di gua-gua.
Batu yang digunakan sebagai alat pembuat api, maka api tersebut digunakan selain sebagai sarana untuk memasak, juga digunakan sebagai alat komunikasi. Asap yang ditimbulkan dari api tersebut memiliki bentuk-bentuk tertentu dan memiliki makna yang berbeda-beda pula. Dan makna tersebut hanya dapat dimengerti oleh kelompok dalam sejenisnya saja.
b.      Zaman Logam (Bronze Age)
Tuntutan alam yang semakin keras dan keadaan alam yang menantang membuat manusia menjadi lebih berpikir untuk mengatasi permasalahannya. Seiring dengan perkembangan zaman, pola pikir manusia menjadi lebih baik. Pada zaman ini manusia telah menemukan logam, dan menggunakannya sebagai alat bantu dalam pengolahan material.
Nama lain dari zaman ini adalah early tecnologi age, yakni zaman ini merupakan awal dari teknologi itu sendiri. Alat-alat yang berupa batu kini telah di ganti dengan logam yang sifatnya lebih praktis dan lebih banyak keuntungannya dari pada menggunakan batu.
c.       Tiga gelombang besar perdaban manusia menurut Alvin Tovler
1.      Gelombang Pertama (8000 BC-1700 BC)
Gelombang pertama ini di sebut sebagi era pertanian. Alasan mengapa di sebut sebagai era pertanian adalah karena manusia lebih banyak mengolah lading atau pertanian mereka. Peralatan memang masih menggunakan logam untuk pengolahan material dalam bercocok tanam, akan tetapi mereka memanfaatkan tenaga hewan untuk mengolah pertaniannya.
2.      Gelombang Kedua (1700 BC-1970)
Gelombang kedua disebut sebagai era industri, karena sudah lebih banyaknya industri-industri dari pada bidang pertanian. Selain itu yang menjadi ciri pada gelombang kedua, yakni dalam pengolahannya lebih banyak memanfaatkan mesin. Ini yang menjadi pembeda antar gelombang pertama dengan gelombang kedua.
3.      Gelombang Ketiga (1970-2000)
Setahap demi setahap perkembangan teknolgi dari mulai memanfaatkan hewan, menggunakan mesin sampai pada teknologi yang lebih canggih. Pada gelombang ketiga merupakan perpindahan dari yang bersifat manual ke yang bersifat otomatis. Sehingga hanya dengan menekan tombol, maka mesin sudah bisa digunakan sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Sumber: http://copypastepengetahuan.blogspot.com/2013/05/perkembangan-teknologi.html

0 komentar:

Posting Komentar